KERJA BAKTI MAHASISWA AKPER AL-HIKMAH 2 BREBES BERSAMA WARGA DESA KEDUNGNENG

  • Dec 31, 2023
  • Admin Desa

Minggu, 31 Desember 2023. Tepat sehari sebelum berganti tahun baru. Mahasiswa dari Akper Al-Hikmah 2 Brebes mengadakan kerja bakti bersama warga desa Kedungneng. Kegiatan kerja bakti tersebut tidak hanya diikuti oleh warga dan mahasiswa namun dari pemdes, ketua RT, ketua RW, Ansor Kedungneg dan pemuda desa Kedungneng juga ikut dalam kegiatan kerja bakti tersebut. Kegiatan tersebut diketuai oleh mas Tofikurrohman mahasiswa Akper Al-Hikmah 2 Brebes. Sasaran kerja bakti tersebut terfokus pada sampah yang menutupi saluran air sepanjang jalan Desa Kedungneng yang seringkali banjir ketika musim hujan tiba.

Ternyata bukan hanya sampah yang menutupi saluran air tersebut, namun saluran air tersebut juga dangkal bahkan tertimbun tanah dan bekas cor-coran yang mulai rapuh. Apalagi didalam gorong-gorong banyak yang tertutup oleh tanah dan batu sehingga air tidak bisa mengalir.

Warga, mahasiswa, pemdes dan pemuda berjibaku dan gotong-royong membersihkan saluran air tersebut menggunakan cangkul dan alat-alat kebersihan lainnya yang dapat membantu pada kegiatan kerja bakti tersebut. Ada juga yang mengambil sampah dan dimasukkan kedalam karung dan plastik berukuran besar. Kemudian karung dan plastik yang sudah penuh dikumpulkan dan dibawa oleh mobil untuk dibuang ke TPS Sementara Desa Kedungneng yang berlokasi di Timur Lapangan Andalas Desa Kedungneng.

Tujuan dan Harapan dengan adanya kegiatan kerja bakti ini adalah bahwa masyarakat harus sadar akan kebersihan lingkungan disekitar agar ketika musim hujan tiba tidak terjadi banjir karena saluran air bersih dari sampah. Tanggungjawab menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban kita semua sebagai warga. Sehingga kita mendapatkan hak atas apa yang telah dilakukan seperti lingkungan yang bersih dan sehat.

Mulai sekarang marilah kita menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke saluran air itu merupakan contoh yang tidak baik untuk generasi kedepan. Bukankah Kebersihan itu sebagian dari Iman. Maka Jagalah dan praktekkan sekarang juga.