• Hari ini: June 19, 2024

Bangganya Para Delegasi SIPA 2022 Disambut Wali Kota Solo Gibran

19 June, 2024
31

Solopos.com, SOLO–Meskipun kondisi cuaca hujan lebat, suasana hangat terasa pada Welcome Dinner Solo International Performing Arts (SIPA) 2022 di Loji Gandrung, Solo, Rabu (7/9/2022) malam. Puluhan delegasi dalam negeri dan luar negeri bangga terlibat dalam SIPA 2022.

Pantauan Solopos.com sejumlah delegasi dari berbagai negara maupun  daerah hadir pada malam itu, di antaranya Spanyol, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, India, Turk, Riau, Bali, Kalimantan Selatan, Sumatra Utara.

PromosiDukung UMKM Binaan BUMN Go Online, Tokopedia Daftarkan 2.000 NIB

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menghampiri setiap delegasi untuk memberikan semangat sebelum pentas pada Kamis (8/9/2022) malam. Selanjutnya para delegasi menikmati hidangan khas Kota Solo yang disiapkan.

Menu yang disajikan, di antaranya nasi liwet, bakso, bakmi godog, lontong opor, dan selat.

Welcome Dinner itu menjadi media berjejaring antar delegasi, Pemkot Solo, pelaku pariwisata, dan media.

Pelatih Garuda Taekwondo Demonstration Team (KCCI) Korea Selatan, Sofiyudin, mengatakan bangga bisa terlibat pada SIPA 2022 karena merupakan kesempatan kali pertama bagi timnya untuk menampilkan atraksi.

“SIPA sangat bagus melibatkan potensi pada komunitas lainnya. Kami mengapresiasi karena hasil latihan bisa ditampilkan secara global,” kata dia kepada Solopos.com.

Dia menjelaskan Garuda Taekwondo Demonstration Team menampilkan 11 atlet untuk menampilkan atraksi, di antaranya, taekwondo dance, gerakan taekwondo, atraksi ekstrem kick. Atraksi itu dipadukan dengan K-Pop.

Direktur SIPA R.Ay. Irawati Kusumorasri, menjelaskan maskot SIPA, Rianto tampil pada pembuka SIPA 2022 dengan tema Art as The Spirit of Life Changing. Penyelenggara menampilkan berbagai kejutan pada SIPA 2022.

Dia menjelaskan SIPA dapat disaksikan secara luring dan daring. Penyelenggara menargetkan jumlah penonton 8.000 per malam secara luring dan ribuan penonton secara virtual

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan SIPA bisa kembali berlangsung secara luring setelah adanya pembatasan akibat pandemi Covid-19. Target 8.000 penonton bisa lebih asalkan kondisi cuaca mendukung.

“Kami berdoa semoga cuacanya tetap baik. Ini merupakan event outdoor, kami ingin semua  tetap menerapkan protokol kesehatan. Kebetulan saya juga baru sembuh setelah positif Covid-19 kali ketiga,” ungkapnya.

Adapun SIPA merupakan festival seni pertunjukan tahunan yang diselenggarakan di Kota Solo sejak 2009. SIPA menjadi satu dari tiga agenda budaya dan pertunjukan seni Kota Solo yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Komentar