• Hari ini: June 19, 2024

Budidaya Pembesaran Ikan Lele Oleh Pemuda Ansor Desa Kedungneng

19 June, 2024
42

Desa Kedungneng. Sekelompok pemuda desa di Desa Kedungneng, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah sukses budidaya pembesaran ikan lele. Omzet yang didapat dari pembesaran ikan lele ini lumayan besar. Ide budidaya pembesaran ikan lele ini muncul untuk menunjang kegiatan para pemuda khususnya kegiatan dalam naungan Gerakan Pemuda Ansor Desa Kedungneng.

 

Dalam organisasi Gerakan Pemuda Ansor Kedungneng ada divisi yang khusus menaungi kegiatan ekonomi kreatif sehingga para pemuda yang tergabung dalam organisasi Gerakan Pemuda Ansor Kedungneng ini membentuk badan usaha yaitu BUM Ansor Kedungneng dengan unit usaha pembesaran ikan lele.

 

Dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah salah satu anggota Gerakan Pemuda Ansor Kedungneng, Sekelompok pemuda desa di Desa Kedungneng, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah membuat budidaya pembesaran ikan lele.

 

Budidaya pembesaran ikan lele ini dimotori oleh Ni’am Badruzzaman selaku Ketua BUM Ansor Kedungneng. Budidaya pembesaran ikan lele ini tidak menggunakan kolam tanah, melainkan dengan kolam terpal. Kolam yang digunakan yaitu kolam bundar dengan ukuran diameter 2 meter.

 

Saat ini BUM  Ansor Kedungneng divisi ekonomi kreatif memiliki 10 kolam pembesaran ikan lele dengan ukuran diameter 2 meter dengan tebar benih ikan lele 600 ekor tiap kolam. Sehingga total benih ikan lele ada 6.000 ekor.

 

Dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang budidaya pembesaran ikan lele para pemuda Ansor Kedungneng mengikuti pelatihan budidaya pembesaran ikan lele yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Brebes. Selanjutnya, para pemuda menerapkan ilmu yang didapatnya dari pelatihan.

 

Harapan kedepan semoga bisa membuat pengolahan dari ikan lele menjadi berbagai produk unggulan. Bukan hanya budidaya pembesaran tetapi pengolahan dari ikan lele juga harus dikembangkan.

Komentar