• Hari ini: June 19, 2024

KWT " Kelompok Wanita Tani " : Siap Bersaing !!!!!

19 June, 2024
16

Desa Kedungneng. Sore hari terlihat ibu-ibu sibuk sedang mengupas pisang disebuah gedung samping lapangan sepak bola Andalas desa Kedungneng. Ternyata ibu-ibu tersebut adalah anggota KWT. KWT singkatan dari Kelompok Wanita Tani. KWT merupakan salah satu kelembagaan petani yang para anggotanya terdiri atas wanita yang berkecimpung dalam kegiatan pertanian dan berkebun.

 

Kelompok wanita tani (KWT) adalah kelompok tani yang anggotanya para perempuan yang melaksanakan usaha di bidang pertanian, para istri petani yang juga anggota kelompok tani. Tujuan dari KWT adalah untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan petani dan keluarganya sebagai subjek pembangunan pertanian melalui pendekatan kelompok tani agar lebih berperan dalam pembangunan.

 

Kelompok tani dibentuk berdasarkan surat keputusan dan dibentuk dengan tujuan sebagai wadah komunikasi antar petani. Fungsi kelompok tani adalah: Menciptakan tata cara penggunaan sumber daya yang ada, Sebagai media atau alat pembangunan.

 

Manfaat dari Kelompok wanita tani sebagai wahana kerjasama yang merupkan tempat untuk memperkuat kerjasama diantara sesama anggota dalam kelompok maupun antar kelompok serta dengan pihak lain. Melalui kerjasama ini diharapkan usahataninya akan lebih efisien serta lebih mampu menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

 

KWT desa Kedungneng mengolah pisang menjadi kripik pisang dengan berbagai rasa. Mengapa KWT desa Kedungneng memilih untuk mengolah pisang karena pisang merupakan komoditas paling banyak di desa Kedungneng. Berhektar-hektar kebun pisang yang ada di desa Kedungneng. Dengan adanya KWT ini mudah-mudahan dapat mendorong para petani pisang di desa Kedungneng untuk lebih berkembang lagi dan sukses menjadi petani.

Komentar